Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan

Oktaneri, Harnita (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HARNITA_OKTANERI_95780_5077_2011.pdf] Text
final_B1_HARNITA_OKTANERI_95780_5077_2011.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat fenomena. Pertama siswa kurang
mampu membedakan ide pokok paragraf. Kedua, siswa kurang mampu membuat
kesimpulan bacaan. Ketiga, siswa sulit menjawab pertanyaan. Keempat, guru sulit
menggunakan model yang tepat untuk membimbing siswa dalam membaca
pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan
Membaca Pemahaman dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok
Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan
tahun ajaran 2010/2011. Kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas X.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes objektif membaca pemahaman
dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions
(STAD).
Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan rumus persentase, guna
mengetahui nilai rata-rata kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisions (STAD) siswa kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
siswa kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan, efektif untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa
Kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa
yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 69,75 sedangkan pada siklus II
rata-rata nilai siswa 78,80. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil
kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Sangir Kabupaten Solok Selatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:14
Last Modified: 23 Sep 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item
View Item