Pelaksanaan Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Batusangkar oleh Guru yang sudah disertifikasi

Elvianasti, Mega (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Batusangkar oleh Guru yang sudah disertifikasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MEGA ELVIANASTI-86205-2012.pdf] Text
final_B1_MEGA ELVIANASTI-86205-2012.pdf

Download (250kB)

Abstract

Program sertifikasi yang digalakkan pemerintah adalah salah satu upaya untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sertifikasi bertujuan untuk
meningkatkan profesionalitas guru yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan
guru sehingga dapat meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran. Namun, saat ini
muncul beberapa permasalahan baik dalam proses sertifikasi maupun setelah
sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pelaksanaan
pembelajaran biologi di SMA Negeri Batusangkar setelah guru disertifikasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan cara memberikan
angket kepada siswa SMA Negeri di Batusangkar dan siswa tersebut mengisi angket
sesuai kondisi yang mereka alami pada pelaksanaan pembelajaran biologi. Pembuatan
angket berdasarkan kisi-kisi yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Penelitian
dilakukan di SMA Negeri Batusangkar dan siswa tersebut diajar oleh guru biologinya
yang sudah disertifikasi serta dipilih secara acak. Teknik analisis data dengan
persentase.
Dari hasil analisis data diperoleh persentase rata-rata kegiatan pendahuluan
pelaksanaan pembelajaran biologi SMA Negeri Batusangkar adalah 75,6% dengan
kategori baik. Persentase rata-rata kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran biologi
adalah 76,9% dengan kategori baik dan persentase rata-rata kegiatan penutup
pelaksanaan pembelajaran biologi adalah 80% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:14
Last Modified: 23 Sep 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item
View Item