Harmon, Harmon (2011) Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon di Kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARMON-84231-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARMON-84231-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARMON-84231-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Miskonsepsi dapat terjadi dalam mempelajari konsep-konsep dalam
ilmu kimia, misalnya pada materi pokok hidrokarbon. Oleh karena itu
miskonsepsi perlu diketahui melalui penelitian. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif yang dilakukan di SMAN 4 Bukittinggi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengungkap persentase siswa yang mengalami
miskonsepsi pada konsep-konsep dalam materi pokok hidrokarbon dan
mengidentifikasi pada konsep mana saja siswa mengalami miskonsepsi pada
materi pokok hidrokarbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 7 SMAN 4
Bukittinggi yang terdaftar pada semester Januari–Juni tahun ajaran 2010/2011
sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian adalah tes diagnostik bertingkat dua.
Berdasarkan analisa data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa
mengalami miskonsepsi terhadap semua konsep pada materi pokok hidrokarbon
dengan persentase yang beragam. Miskonsepsi siswa tertinggi terdapat pada
konsep alkena dan konsep reaksi adisi yaitu sebesar 52,5%, sedangkan
miskonsepsi siswa yang paling sedikit terdapat pada konsep hidrokarbon alifatik
yaitu sebesar 10%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:14 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25135 |