Perbandingan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA N 1 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011

Yogica, Relsas (2011) Perbandingan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA N 1 Painan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RELSAS YOGICA-84038-2011.pdf] Text
final_B1_RELSAS YOGICA-84038-2011.pdf

Download (242kB)

Abstract

Masalah yang terjadi di SMA N 1 Painan adalah hasil belajar siswa masih rendah. Ini disebabkan karena guru belum mampu membentuk pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Peningkatan hasil belajar dapat diwujudkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif. Misalnya tipe jigsaw dan tipe two stay two stray. Model ini dapat digunakan pada materi sistem peredaran darah. Namun, belum diketahui apakah kedua model ini menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Jenis penelitian eksperimen, rancangan penelitian two group pretest and posttest design. Populasi adalah XI IA 2, XI IA 3 dan XI IA 4. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Sampel penelitian adalah XI IA 2 (28 orang) sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IA 3 (32 orang) sebagai kelas eksperimen 2. Data merupakan data primer dari skor hasil tes di kelas sampel. Teknik analisis data untuk hipotesis adalah uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Hasil analisis data didapatkan harga t i hitung 1,94 dan t 1,68(1,94 > 1,68). Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1(jigsaw) adalah 54,2 (nilai awal=24,5 nilai akhir=78,7). Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 2(two stay two stray) adalah 45,1 (nilai awal=28,2 nilai akhir=73,3). Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis maka hipotesis kerja dinyatakan diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray pada tabel materi sistem peredaran darah di SMA N 1 Painan tahun pelajaran 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif,Tipe Jigsaw,Tipe Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:14
Last Modified: 23 Sep 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item
View Item