Tinjauan Pelaksanaan Ulangan Harian Pada Mata Pelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Danau Kembar Kabupaten Solok

Relmarta, Relmarta (2011) Tinjauan Pelaksanaan Ulangan Harian Pada Mata Pelajaran Sejarah di Sma Negeri 1 Danau Kembar Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RELMARTA_60873_2637_2011.pdf] Text
final_B1_RELMARTA_60873_2637_2011.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penilaian Ulangan Harian merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan nilai kemajuan belajar siswa, yang selanjutnya hasil penilaian tersebut dapat digunakan untuk menunjukan bahwa mereka sudah memahami konsep pelajarannya dengan baik. Namun pada pelaksanaanya, guru belum optimal melaksanakan langkah-langkah pelaksanaan penilaian Ulangan Harian tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini apakah dalam pelaksanaan penilaian ulangan harian sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seperti apa proses pelaksanaan penilaian Ulangan Harian di SMAN 1 Danau Kembar dan untuk melihat apakah guru Sejarah di SMAN 1 Danau Kembar telah melaksanakan penilaian sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Penilaian ini mengunakan metode studi evaluatif dengan pendekatan positifistik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui teknik pengumpul data, reduksi data, penyajian/display data dan penarikan kesimpulan. Pada hasil temuan diketahui bahwa dalam langkah-langkah pelaksanaan ulangan harian diantarnya: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam perencanaan guru belum terlihat belum mengembangkan instrumen dan melakukan umpan balik, dalam penilaian guru belum melakukan sesuai dengan aturannya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam penilaian Ulangan Harian belum maksimal, hal ini ditunjukan dari minimnya waktu untuk pelaksanaanya, dan kurang mengertinya guru dalam melakukan penilaian. Tes ulangan harian menjadi syarat formal sehingga tidak adanya umpan balik bagi peristiwa dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian ulangan harian,Guru sejarah,SMAN 1 Danau Kembar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:12
Last Modified: 23 Sep 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25129

Actions (login required)

View Item
View Item