Pengaruh Tugas Rumah berupa Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok

Hatchi, Itgo (2011) Pengaruh Tugas Rumah berupa Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ITGO_HATCHI_77470_131_2011.pdf] Text
final_B1_ITGO_HATCHI_77470_131_2011.pdf

Download (194kB)

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gunung Talang masih banyak terpusat pada guru, akibatnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi masih rendah. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa termotivasi dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil yang lebih baik, antara lain dengan menggunakan peta konsep dalam model pembelajaran Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas. Sampel adalah kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol, yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control-group postest only design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian.Teknik analisis data dengan uji U bila U 4 hitung-U maka hipotesis kerja (H1) diterima dan sebaliknya hipotesis (H0) ditolak. Hasil analisis data, didapatkan U tabel, hitung 255 dan U 216 dengan demikian U hitung-U tabel tabel , berarti hipotesis kerja (H1) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif berarti tugas rumah berupa peta konsep dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tugas Rumah berupa Peta Konsep, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:11
Last Modified: 23 Sep 2025 03:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item
View Item