Jugeni, Dielasmi (2016) Penggunaan Metode Latihan Terbimbing pada Kegiatan Bernyanyi Unisono di SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIELASMI_JUGENI_1202869_4128_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIELASMI_JUGENI_1202869_4128_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIELASMI_JUGENI_1202869_4128_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar bernyanyi
unisono menggunakan latihan terbimbing pada siswa di SMP Negeri 31 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 31
Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik
pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bernyanyi
unisono siswa kelas VIII 7. Persentase awal hanya 28,125% siswa yang
menguasai lagu Bungo Parawitan. Setelah diterapkannya metode latihan
terbimbing adanya peningkatan jumlah siswa yang menguasai Ritme dan Melodi
lagu Bungo Parawitan dan tidak ada lagi siswa yang tidak menguasai Ritme dan
Melodi lagu Bungo Parawitan. Latihan terbimbing yang diterapkan guru, yaitu:
mencontohkan cara membaca Ritme, mencontohkan cara membaca Melodi,
mencontohkan
menyuarakan
tangga
nada
secara
tidak
berurutan,
mendemonstrasikan cara pernafasan yang benar dalam bernyanyi, mencontohkan
menyanyikan lirik berdasarkan langkah-langkah (sintaks) metode latihan
terbimbing. Bimbingan yang dilakukan secara berkala (bertahap) akan
memperoleh hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25122 |