Anggriani, Refti (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Kecamatan Pauh Kota Padang. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REFTI_ANGGRIANI_90483_2011.pdf [thumbnail of final_B1_REFTI_ANGGRIANI_90483_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REFTI_ANGGRIANI_90483_2011.pdf
Download (179kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 09 Kecamatan Pauh Kota Padang melalui pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme dipilih karena menekankan proses aktif siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosial. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 09 Kecamatan Pauh yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes menulis narasi sebelum dan sesudah tindakan serta observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan membandingkan nilai rata-rata sebelum dan sesudah penerapan pendekatan konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis narasi siswa setelah diterapkannya pendekatan konstruktivisme. Rata-rata nilai menulis narasi meningkat dari 65,4 pada pra tindakan menjadi 80,7 pada siklus II, serta aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 09 Kecamatan Pauh Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme Kemampuan Menulis Narasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Siswa Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PB Modern European Languages P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PZ Children's literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25118 |