Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru pada Pelajaran Seni Musik di Kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh

Fernando, Diki (2016) Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru pada Pelajaran Seni Musik di Kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIKI_FERNANDO_01723_3267_2016.pdf] Text
final_B1_6_DIKI_FERNANDO_01723_3267_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru pada pelajaran seni musik yang meliputi
keterampilan membuka dan menutup pelajaran, bertanya, memberikan
penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membimbing diskusi, mengelola
kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perseorangan di SMP Negeri 9
Payakumbuh..
Penelitian
ini
tergolong penelitian berjenis kualitatif, dengan
menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah 32 siswa
kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh, dengan mengambil jadwal dan
tempat melaksanakan observasi dan wawancara pada dua kali pertemuan
pembelajaran seni musik di dalam kelas. Instrumen yang dipakai dalam
penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan
adalah analisis data dari kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) siswa yang
dicatat pada catatan lapangan dan hasil wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 32 orang siswa Kelas
VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh telah memiliki berabagai persepsi tentang
kemampuan mengajar guru dalam delapan kemampuan yang dilihat. Persepsi
itu berpengaruh secara positif maupun negatif terhadap pandangan, tanggapan
dan perasaan siswa dalam belajar seni musik di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:07
Last Modified: 23 Sep 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item
View Item