Elviyanti, Refni (2011) Penggunaan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REFNI_ELVIYANTI_09293_396_2011.pdf [thumbnail of final_B1_REFNI_ELVIYANTI_09293_396_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REFNI_ELVIYANTI_09293_396_2011.pdf
Download (352kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri merupakan suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara maksimal seluruh kemampuan siswa. Dimana siswa menyelidiki dengan cara mencari informasi dan melakukan pertanyaan-pertanyaan dan pembelajaran dimotivasi untuk aktif berfikir, melibatkan diri dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan tugas sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan lembar pengamatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang perubahan sifat benda di kelas V SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD terteliti. Hasil penilaian penelitian setelah siklus I pertemuan pertama menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek afektif 70%, aspek psikomotor 70%, Siklus I pada pertemuan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 45%, aspek afektif 75%, aspek psikomotor 73%, kedua penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 90%, aspek afektif 83%, aspek psikomotor 83%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan inkuri dapat meningkatkan konsep perubahan sifat benda siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Inkuiri, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25112 |