Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Edukation (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Kota Bukitinggi

Milda, Refni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Edukation (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Kota Bukitinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REFNI MILDA_88176_2011.pdf] Text
final_B1_REFNI MILDA_88176_2011.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran sifat-sifat perkalian bilangan cacah di kelas IV SD Negeri 15 Bukittinggi belum menggunakan pendekatan RME, dan masih dengan cara konvensional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran sifatsifat perkalian bilangan cacah dengan pendekatan Realistic Mathematiks Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, serta (3) Hasil belajar sifat-sifat perkalian bilangan cacah siswa di kelas IV SDN 15 Bukittinggi Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang telah dikonveherensi pada pendekatan kuantitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana siklus I sebanyak 2 x pertemuan dan siklus II, 1 x pertemuan, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu : 1 Tahap perencanaan penggunaan pendekatan RME, 2 Tahap pelaksanaan tindakan penggunan pendekatan RME, 3. Tahap pengamatan terhadap pelaksanaan RME 4. Tahap Refleksi tindak yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian siklus I pertemuan I : RPP 63%, Aktivitas guru 70%, Aktivitas siswa 67% dan hasil tes siswa 62%, Hasil penelitian siklus I pertemuan II. RPP 67%, aktivitas guru 75%, aktivitas siswa 71% dan hasil tes siswa 66%. Hasil penelitian siklus II, RPP 92%, Aktivitas guru 95%, aktivitas siswa 82%, hasil tes 89%. Pada siklus II RPP, Aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan persentase ketuntasan 100% (semua siswa dinyatakan tuntas).Demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dalam pembelajaran sifat-sifat perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education,Aktivitas guru dan siswa,Sekolah Dasar (SD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:05
Last Modified: 23 Sep 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25110

Actions (login required)

View Item
View Item