Studi Perbandingan Penerapan LKS Disertai Bahan Ajar dengan Buku Penunjang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman I Batang Anai

Marilin, Liza (2012) Studi Perbandingan Penerapan LKS Disertai Bahan Ajar dengan Buku Penunjang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman I Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIZA MARILIN_04985.pdf] Text
final_B1_LIZA MARILIN_04985.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa pada pelajaran biologi di SMAN I Batang Anai menuntut guru untuk memilih pendekatan, metode, model dan strategi belajar yang sesuai, salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan LKS disertai bahan ajar dan LKS disertai buku penunjang. Dengan pembelajaran ini diharapkan meningkatkan pemahaman hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan LKS disertai bahan ajar dengan LKS disertai buku penunjang dalam model pembelajaran koopertaif tipe Two Stay Two Stray di kelas X SMANI Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Batang Anai. Sampel dalam penelitian di ambil dengan menggunakan Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji-t, dengan kriteria jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima dan sebaliknya. Dari hasil penelitian, yang dilakukan, pada taraf nyata 0,05 di dapat thitung sebesar 2,73 sedangkan ttabel sebesar 2,04, sehingga thitung > ttabel (2,73>2,04) yang berarti hipotesis kerja diterima, terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang pembelajarannya menggunakan LKS disertai bahan ajar dengan LKS disertai buku penunjang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas X SMAN I Batang Anai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan LKS disertai bahan ajar lebih meningkatkan hasil belajar biologi siswa dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan LKS disertai buku penunjang di kelas X SMAN I Batang Anai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN LKS, BUKU PENUNJANG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:06
Last Modified: 23 Sep 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item
View Item