Siregar, Isrina (2011) Pengaruh Penerapan Model Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Bangko. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ISRINA_SIREGAR_68074_4798_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ISRINA_SIREGAR_68074_4798_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ISRINA_SIREGAR_68074_4798_2011.pdf
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menginterpretasi fakta sejarah siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Bangko masih rendah, disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajan sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan peserta didik hanya mampu mengingat. Salah satu tujuan dari pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan menginterpretasi fakta sejarah melalui Model Quick On The Draw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Quick On The Draw terhadap hasil belajar sejarah siswa SMAN 1 Bangko. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan mendorong guru sejarah berkreatifitas dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi sejarah serta dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Teori yang digunkan dalam penelitian ini adalah teori meaning full learning dimana siswa diajarkan untuk belajar bermakna. Hipotes dalam penelitian ini adalah (H ) ditolak, dengan demikian berarti terdapat pengaruh model Quick On The Draw terhadap kemampuan siswa dalam menginterpretasikan materi fakta dalam pembelajaran sejarah. 0 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bangko yang jumlah siswanya 145 orang yang terbagi dalam empat kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan random kelompok dengan amsumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas, untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol ialah kelas XI IPS 4. Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa hasil belajar menginterpretasikan fakta sejarah pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata–rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 73.67 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 48.39. Dengan demikian peningkatan hasil belajar interpretasi fakta sejarah kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol. Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Quick On The Draw berpengaruh secara nyata/ signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam menginterpretasikan fakta materi pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Bangko.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Quick On The Draw, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25106 |