Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Padang

Refnayelis, Refnayelis (2014) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REFNAYELIS_54501_1317_2014.pdf] Text
final_B1_REFNAYELIS_54501_1317_2014.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dalam menulis narasi ekspositoris sebelum penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dalam menulis narasi ekspositoris sesudah penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual terhadap keterampilan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dalam menulis narasi ekspositoris. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK 10 padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 83 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu nilai keterampilan menulis narasi ekspositoris sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji liliefors untuk uji normalitas, homogenitas data, dan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual terhadap keterampilan siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dalam menulis narasi ekspositoris. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa sebelum penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual lebih dari cukup (ldc) dengan rentangan persentase 66-75% rata-rata hitung yang diperoleh adalah 70,27. Kedua, keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa sesudah penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual berada pada kualifikasi baik (b) dengan rentangan persentase 66-85% ratarata hitung 84,43. Ketiga, setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitung = 2,56 dan t = 1,671 yaitu t hitung > t tabel . Dengan demikian, h diterima, artinya keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa sesudah penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual lebih baik daripada keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa sebelum penggunaan model pembelajaran langsung berbasis media audio visual.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran langsung,SMK Negeri 10 Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:05
Last Modified: 23 Sep 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25105

Actions (login required)

View Item
View Item