Hayati, Isra (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ISRA HAYATI-77390-2011.pdf [thumbnail of final_B1_ISRA HAYATI-77390-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ISRA HAYATI-77390-2011.pdf
Download (266kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran matematika yang berakibat pada rendahnya pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa yang akan bermuara pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan menerapkan “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 5 Padang selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 5 Padang?. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas siswa selama belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write?. Hipotesis penelitian ini adalah: Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 5 , X 6 , X 7 dan X SMAN 5 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas X 7 i 10 dengan 37 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X dengan 37 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dari pertemuan pertama sampai terakhir. Dari hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Think Talk Write lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai hasil belajar untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 71,86 dan 65,05. Dari perhitungan t-tes diperoleh t-hitung 1,75 dan nilai P-Value adalah 0,043. Karena P-Value < α (α = 0,05), dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25103 |