Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Asriana, Liza (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIZA ASRIANA-84202-2011.pdf] Text
final_B1_LIZA ASRIANA-84202-2011.pdf

Download (253kB)

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dan masih banyaknya siswa yang jarang mengajukan pertanyaan walaupun guru sering meminta siswa bertanya jika ada yang kurang paham merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah True Experimental Design: Posttest-Only Control Design. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA SMAN 5 Padang dengan teknik penyampelan yaitu Random sampling dan yang terpilih adalah kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu dalam bentuk instrumen tes. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata kelas eksperimen per indikator adalah 2,02 dan kelas kontrol adalah 1,81. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t’ karena kedua sampel terdistribusi normal dan mempunyai variansi tidak homogen, dimana kriteria tolak H 0 adalah jika t’ ≥ ttabel sementara t’ = 3,885 dan ttabel = 1,70 maka hipotesis H 0 ditolak dan terima H 1 , sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar melalui penerapan Strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a teacher here lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE, HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:41
Last Modified: 23 Sep 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item
View Item