Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Konstruktivisme Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar

Reflina, Reflina (2011) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Konstruktivisme Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REFLINA-86177-2011.pdf] Text
final_B1_REFLINA-86177-2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

LKS yang digunakan di sekolah pada umumnya hanya berisi soal-soal sehingga belum membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan matematika. Oleh sebab itu, dikembangkan LKS berbasis konstruktivisme untuk pembelajaran matematika di SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS berbasis konstruktivisme pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4–D. Model ini tediri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator yang berpengalaman dalam bidangnya. Selanjutnya uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas LKS tersebut. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian dihasilkan produk berupa LKS berbasis konstruktivisme pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Validitas LKS yang dihasilkan baik dari aspek isi/materi, bentuk/penyajian maupun bahasa/keterbacaan mencapai kriteria sangat valid. Dari hasil uji kepraktisan dapat disimpulkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Siswa merasa tertarik dengan pembelajaran menggunakan LKS. Menurut siswa komponen dalam LKS mudah dan jelas. Aktivitas siswa dalam penggunaan LKS sangat baik dan cukup beragam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS (Lembar Kerja Siswa),Konstruktivisme,SMP Negeri 1 Kubung
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:41
Last Modified: 23 Sep 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25096

Actions (login required)

View Item
View Item