Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Payakumbuh

Marhayati, Isnamila (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ISNAMILA_MARHAYATI_52158_2011.pdf] Text
final_B1_ISNAMILA_MARHAYATI_52158_2011.pdf

Download (224kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian dan pengamatan penulis pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 41 Payakumbuh, ternyata hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru (guru center). Dan guru dalam mengajar masih bersifat informatif atau hanya transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Serta guru mengajar dengan metode ceramah saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (menggambarkan) bentuk rancangan pembelajaran, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Problem Solving bagi siswa kelas IV SD Negeri 41 Payakumbuh tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 41 Payakumbuh yang terdiri dari 19 siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan metode Problem Solving adalah : (1) mendefenisikan masalah, (2) mendiagnosis masalah, (3) merumuskan alternative strategi, (4) menentukan dan menerapkan strategi pilihan , (5) melakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada : (a) rata-rata skor. Ratarata skor hasil belajar siswa pada siklus I 61% (b) pada siklus II 80%. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 41 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:41
Last Modified: 23 Sep 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item
View Item