Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Febriana, Laila Dewi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_LAILA_DEWI_FEBRIANA_01791_1551_2016.pdf] Text
B1_01_LAILA_DEWI_FEBRIANA_01791_1551_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dapat mengembangkan kemampuan matematika lainya. Kemampuan pemahaman konsep tersebut dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Kenyataanya pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 26 Padang masih rendah. Hal tersebut terlihat pada hasil ulangan harian pada materi persamaan linear satu variabel. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Padang yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas.Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan VIII.8 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-U Mann Whitney, karena hasil tes akhir kelas sampel tidak berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas VIII SMP Negeri 26 Padang lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini dapat diterima dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 21 Feb 2025 10:13
Last Modified: 21 Feb 2025 10:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item
View Item