Marza, Mellya (2013) Pendapat Siswa tentang Layanan Informasi Berkenaan dengan Hubungan Sosial Teman Sebaya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Mellya_ Marza_79045_5121_2013.pdf [thumbnail of B1_05_Mellya_ Marza_79045_5121_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Mellya_ Marza_79045_5121_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Layanan informasi berkenaan dengan pengembangan hubungan sosial
dilaksanakan di sekolah bertujuan membantu terwujudnya hubungan sosial teman
sebaya yang lebih harmonis dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun
dan etika bertingkah laku. Kenyataan di lapangan masih banyak siswa belum
mampu membina hubungan sosial yang sesuai dengan tata krama dan etika
bertingkah, baik dengan guru, teman dan personil sekolah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang layanan informasi
berkenaan dengan hubungan sosial teman sebaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi sebanyak 244
orang siswa, teknik pengambilan sampel proportional random sampling dan
jumlah sampel sebanyak 71 orang siswa SMP N 29 Padang. Instrumen penelitian
adalah angket dan tehnik pengolahan data dengan persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara umum (1) Penyampaian
materi layanan informasi berkenaan dengan hubungan sosial teman sebaya
berkenaan dengan kejelasan dan kemenarikan cukup baik diterima siswa terlihat
dari 46,2 % siswa menjawab setuju, (2) Penggunaan media dalam menyampaikan
layanan informasi yang bervariasi cukup baik menurut siswa terlihat dari 46,5 %
siswa menjawab setuju, (3) Sebanyak 51,6 % siswa setuju dengan pendekatan,
teknik dan metode yang digunakan karena dapat membantu siswa memahami
materi layanan informasi dengan baik, (4) Layanan informasi bermanfaat bagi
siswa dalam membantu pengembangan hubungan sosial cukup baik terlihat dari
49,9 % siswa menjawab setuju.
Disarankan kepada beberapa pihak (1) Guru bimbingan dan konseling agar
dapat meningkatkan pemberian layanan informasi berkenaan dengan
pengembangan hubungan sosial siswa, (2) Kepala sekolah agar dapat
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan layanan
informasi, (3) Peneliti berikutnya agar dapat memperkaya penelitian ini dengan
lebih lanjut tentang hubungan sosial dalam kaitannya dengan variabel yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Informasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25082 |