Elen PP, Friska (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction (ARIAS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FRISKA ELLEN PP.pdf [thumbnail of final_B1_FRISKA ELLEN PP.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FRISKA ELLEN PP.pdf
Download (708kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Padang disebabkan banyak siswa yang kurang tertarik mempelajari biologi karena adanya anggapan bahwa biologi bersifat hafalan. Selain itu strategi yang digunakan guru
dalam pembelajaran kurang bervariasi menyebabkan siswa kurang termotivasi dan mudah bosan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan
variasi proses pembelajaran, salah satunya penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment, and satisfaction (ARIAS) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dan didapatkan kelas VII
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIICA
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk ranah kognitif, dan lembar observasi serta angket untuk ranah afektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen (80,11) lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol (74,45). Pada ranah afektif didapatkan nilai kelas eksperimen (83,94%) lebih tinggi daripada kelas kontrol (78,6%).Setelah data dianalisis didapatkan t hitung (2,35) > t (2,02), yang berarti hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL berpengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa. Dengan kata lain, penerapan model
pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Padang.
tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25075 |