Harmaini, Harmaini (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VII-5 SMPN 1 Kecamatan Guguak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HARMAINI-52865-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HARMAINI-52865-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HARMAINI-52865-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMPN Negeri 1
Kecamatan Guguak, khususnya kelas VII.5 sangat rendah. Untuk itu perlu
dilakukan upaya peningkatan aktivitas belajar biologi siswa dengan model
pembelajaran Kooperativ Tipe Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar Biolgi siswa kelas VII-5 SMPN 1
Kecamatan Guguak dalam pembelajaran seperti, membaca, diskusi kelompok,
mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan.
Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Pembelajaran Kooperativ Tipe Numbered Head Together, pendekatan yang
digunakan adalah materi pengamatan lingkungan, diskusi kelompok dan tanya
jawab. Hasil penelitian dapat dilihat peningkatan aktivitas belajar biologi siswa
kelas VII-5 SMPN 1 Kecamatan Guguak setelah dilakukan tindakan tentang aspek
membaca pada refleksi awal 23 % menjadi 43,5 % pada siklus I dan 64,0 % pada
siklus II. Pada aspek diskusi kelompok pada refleksi awal 46,1 % meningkat
menjadi 56,3 % pada siklus I dan 70,4 % pada siklus II. Pada aspek menanggapi
pertanyaan teman juga terjadi peningkatan aktivitas belajar dari 7,6 % pada
refleksi awal, menjadi 12,7 pada siklus I dan 25,6 5 pada siklus II dengan
indikator ketercapaian adalah 19,2 %. Dan pada aspek mengajukan pertanyaan
dari 7,6 % pada refklesi awal, menjadi 11,4 % pada siklus I dan 19,2 % pada
siklus II dengan indikator ketercapaian 19,2 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model
Pembelajaran Kooperativ Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan
aktivitas belajar biologi siswa kelas VII-5 SMPN 1 Kecamatan Guguak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25071 |