Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Siswa kelas IV SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang

Mayarti, Mayarti (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Siswa kelas IV SDN 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MAYARTI_90460_2011.pdf] Text
final_B1_MAYARTI_90460_2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah yang ditemui kurangnya minat siswa
dalam menulis argumentasi, ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan
dalam mencari ide atau gagasan dalam mengemukakan alasan mencari data atau
fakta pendukung. Begitu juga dalam penulisan ejaan, struktur bahasa, penggunaan
huruf kapital dan tanda baca dalam kalimat selalu mengalami kesalahan.
Rendahnya kemampuan siswa kelas IV SDN 30 Lubuk Lintah dalam menulis
argumentasi disebabkan oleh ketidak tertarikan siswa dalam menulis argumentasi
disebabkan dalam proses pembelajaran penulis laksanakan selama ini bersifat
konvensional (ceramah), sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti proses
pembelajaran menulis argumentasi.
Pendekatan konstruktivisme dijadikan alternatif dalam peningkatan
kemampuan menulis argumentasi siswa. Atas dasar itu penelitian dilakukan untuk
1) prapenulisan, 2) penulisan, dan 3) pascapenulisan. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
meliputi penyusunan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan
dan refleksi melalui kolaborasi dengan rekan sejawat.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis
argumentasi memperlihatkan (1) pra penulisan rata-rata nilai 7,6 dengan
ketuntasan 19 orang dari 21 siswa 90,5% (2) penulisan rata-rata nilai 7,3 dengan
ketuntasan 19 orang dari 21 siswa 90%, dan (3) pasca penulisan rata-rata nilai 7,8
dengan ketuntasan 21 siswa 100%. Dengan demikian kepada guru dengan latar
belakang siswa berkemampuan menulis argumentasi siswa sama dengan kondisi
siswa kelas IV SD Negeri 30 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang
dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk meningkatkan
kemampuan menulis argumentasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:27
Last Modified: 22 Sep 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25064

Actions (login required)

View Item
View Item