Mayarnis, Mayarnis (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Sudut dengan Satuan Tidak Baku dan Satuan Derajat Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IV SD Negeri 07 Ampang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAYARNIS 90242.pdf [thumbnail of final_B1_MAYARNIS 90242.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAYARNIS 90242.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SDN 07
Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang menunjukan bahwa pembelajaran
matematika masih dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih
menggunakan metode ceramah dan guru lebih dominan sementara siswa banyak
diam serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini
menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar
yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut pada
pembelajaran matematika diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan,
dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model
pembelajaran RME.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitiannya PTK. Dalam
pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan disertai pengamatan dan refleksi pada
masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran
2011/ 2012 di SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh
melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
RME dapat meningkatkan hasil siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV
SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Kota Padang terlihat dari (1) hasil belajar
siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 7,16 pada siklus I
menjadi 8,24 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata
70,68 pada siklus I menjadi 80,48 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor
meningkat dari nilai rata-rata 72,36 pada siklus I menjadi 81,76 pada siklus II.
Melihat hasil ini maka penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan
menggunakan model RME perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
I
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25061 |