Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 43 Sungai Sapih Padang

Mayarni, Mayarni (2012) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 43 Sungai Sapih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MAYARNI 90244.pdf] Text
final_B1_MAYARNI 90244.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SD Negeri 43 Sungai
Sapih di temukan bahwa dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru.
Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar
IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui
pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
empat kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap
tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Instrumen penelitian berupa test hasil belajar, lembar observasi dan lembar catatan
lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA, pada aspek afektif siklus I rata-rata skor 62,4 % termasuk
kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 74,16 % termasuk kriteria baik.
Pada aspek psikomotor siklus I rata-rata skor 58,06 % termasuk kriteria kurang
baik, pada siklus II rata-rata skor71,52 termasuk kriteria baik. pada aspek kognitif
siklus I rata-rata skor 68,36 % kemudian pada siklus II rata-rata skor 81,36 % dan
telah mencapai standar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dapat
disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di
kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:25
Last Modified: 22 Sep 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item
View Item