Fransisca, Maya Okta (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Bantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAYA_OKTA_FRANSISCA_83087_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MAYA_OKTA_FRANSISCA_83087_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAYA_OKTA_FRANSISCA_83087_2011.pdf
Download (203kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa
khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), masih
kurangnya peran siswa dalam pembelajaran, karena pembelajaran masih
didominasi oleh aktivitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan
bantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas
VIII di SMP N 16 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy
eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 16 Padang
yang berjumlah 258 orang yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VIII5 dan VIII6 masing-masingnya
berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal
objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes
dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball
Throwing dengan bantuan peta konsep 78,68 dan SD 65,89 dan nilai rata-rata
kelompok kontrol 72,36 dan SD 70,69. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh
thitung 3,21 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 ttabel 2,00, sehingga thitung > ttabe.
Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil
belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Snowball Throwing berbantuan peta konsep (kelas eksperimen) dengan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas
kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan bantuan peta konsep
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran TIK di
SMP N 16 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25052 |