Hubungan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto

Yolanda, Liyan Maike (2011) Hubungan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIYAN_MAIKE_YOLANDA_76970_1684_2011.pdf] Text
final_B1_LIYAN_MAIKE_YOLANDA_76970_1684_2011.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 3 hal sebagai berikut. Pertama, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca khususnya membaca pemahaman. Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menulis khususnya dalam menulis paragraf eksposisi. Ketiga, Adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran membaca dan menulis. Keempat, kekurangmampuan siswa dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan, diidentifikasikan karena tidak bisa membaca dengan baik dan membaca dengan pemahaman, dan kelima kurangnya sarana dan prasarana atau buku penunjang di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto, (3) mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 40. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca pemahaman, selanjutnya untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf eksposisi digunakan tes untuk kerja. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kualifikasi baik (76,07). Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa berada pada kualifikasi baik (76,03). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawahlunto. Maksud dari uraian di atas adalah kemampuan membaca pemahaman siswa baik maka mempengaruhi kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa menjadi baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA PEMAHAMAN, KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:00
Last Modified: 22 Sep 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item
View Item