Afriani, Dina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII E SMPN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINA_AFRIANI_00238_1880_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINA_AFRIANI_00238_1880_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DINA_AFRIANI_00238_1880_2013.pdf
Download (853kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari pada
siswa VIII E SMP N 10 Padang dalam pembelajaran seni tari menggunakan
model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah 39 orang siswa dari kelas VIII E SMP N 10 Padang. Instrumen dalam
penelitian ini adalah peneliti, lembaran observasi, dan tes. Teknik pengumpulan
data penelitian ini adalah observasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis
berdasarkan kriteria.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran
seni tari di kelas VIII E SMP 10 Padang mengalami peningkatan dengan diberi
tindakan sesuai dengan pembelajaran seni tari menggunakan model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op yaitu: (1) Diskusi kelas terpusat pada
siswa, (2) Menyeleksi tim pembelajaran siswa dan pembentukan tim, (3) Seleksi
topik tim, (4) Pemilihan topik kecil, (5) Persiapan topik kecil, (6) Presentasi topik
kecil, (7) Persiapan presentasi tim, (8) Presentasi tim, (9) Evaluasi. Hal ini
ditunjukan dengan adanya peningkatan presentase rata-rata hasil belajar seni tari
dari siklus I ke siklus II baik dari observasi maupun dari hasil tes. Dari nilai tes
yang didapat oleh siswa pada siklus I berdasarkan rata-rata kelas sebanyak 66%
siswa yang tuntas yaitu; ketuntasan belajar adalah 54%, dan yang belum tuntas
adalah 46%. Sedangkan nilai siswa berdasarkan kriteria; 26% “sedang ” 51%
“tinggi” 23% “sangat tinggi”. Terjadi peningkatan pada siklus II bahwa nilai
siswa yang tuntas 82% dan siswa yang tidak tuntas adalah 18%, dan presentase
rata-rata keseluruhan siswa adalah 81%. Sedangkan nilai siswa dilihat dari kriteria
adalah, 54% “tinggi” dan 46% “sangat tinggi".
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25038 |