Refni, Litra (2011) Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Hollywood Squares dalam Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Pembangunan Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LITRA REFNI-64279-2011.pdf [thumbnail of final_B1_LITRA REFNI-64279-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LITRA REFNI-64279-2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil belajar yang belum memuaskan masih menjadi permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hanya sebagian kecil dari siswa yang mempunyai buku pegangan. Pengetahuan yang mereka peroleh hanya sebatas pada materi yang diberikan guru di kelas. Sehingga siswa sering lupa dengan materi yang diajarkan. Melihat permasalahan ini maka diterapkan strategi belajar aktif tipe Hollywood Squares untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Hollywood Squares lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Pembangunan Padang? Dari rumusan masalah, diperoleh hipotesis penelitian yaitu rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan strategi belajar aktif tipe Hollywood Squares lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pembangunan Padang tahun pelajaran 20010/2011. Sampel dipilih secara random yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas X A yang berjumlah 40 orang dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas X B yang berjumlah 38 orang. Untuk mengambil data dari sampel digunakan tes hasil belajar berupa tes essay sebanyak 8 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t pada tingkat signifikan 05,0= α . Berdasarkan analisis data hasil belajar, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 68,2 dan rata-rata kelas kontrol 58,52, thitung = 3,54 dan ttabel = 1,66. Oleh karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siwa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARES, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25034 |