Astuti, Mela (2017) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Iklim Sekolah dengan Kecendrungan Berperilaku Agresif Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MELA_ASTUTI_1300323_4099_2017.pdf [thumbnail of B1_05_MELA_ASTUTI_1300323_4099_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MELA_ASTUTI_1300323_4099_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Iklim sekolah yang positif mendukung peningkatan kinerja, moral yang
lebih tinggi, peningkatkan lingkungan yang menyenangkan dan peningkatakan
prestasi belajar siswa. Kenyataannya masih banyak siswa yang memberikan
julukan negatif kepada guru, adanya siswa yang tidak menjaga sarana dan
prasarana di sekolah, adanya siswa yang berkata kasar kepada teman dan guru,
dan adanya siswa yang menganggap peraturan sekolah mengekang kebebasan
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang
iklim sekolah dan kecendrungan berperilaku agresif siswa serta untuk menguji
hubungan antara persepsi siswa tentang iklim sekolah dengan kecendrungan
berperilaku agresif siswa di SMP Muhammadiyah 5 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelasional.
Populasi penelitian sebanyak 609 siswa dan sampel penelitian berjumlah 199
orang. Instrumen yang digunakan adalah angket berbentuk skala likert. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik presentase, kemudian untuk melihat
hubungan antara kedua variabel digunakan analisis statistik Pearson Product
Moment Correlation dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.0.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang
iklim sekolah berada pada kategori cukup positif, (2) kecendrungan berperilaku
agresif siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang negatif
signifikan antara persepsi siswa tentang iklim sekolah dengan kecendrungan
berperilaku agresif siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan konselor
sekolah (guru BK) memberikan bantuan profesional berupa layanan Bimbingan
Konseling yang dapat membantu meningkatkan persepsi siswa tentang sekolah
dan mengurangi kecendrungan berperilaku agresif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25033 |