Elisa, Liswar (2011) Hubungan Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Pengelasan dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LISWAR ELISA-85223-2012.pdf [thumbnail of final_B1_LISWAR ELISA-85223-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LISWAR ELISA-85223-2012.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Gunung Talang bahwa hasil belajar siswa cenderung masih dibawah standar ketuntasan minimal, hal ini disebabkan banyak faktor, tetapi dari fenomena teramati diduga disebabkan oleh faktor persepsi siswa dan kebiasaan belajar yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Pengelasan dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Pengelasan siswa kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang, baik pengaruh masing-masing variabel maupun pengaruh secara bersama-sama. Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang yang berjumlah 67 orang, Sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu sebagian populasi diambil secara acak dan dijadikan sampel sebanyak 34 orang. Alat pengumpul data adalah angket model skala likert yang telah diuji validitasnya. Data diolah dengan menggunakan teknik regresi dan korelasi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Pengelasan dengan hasil belajar Pengelasan siswa kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang dengan konntribusi sebanyak 27,04 %, (2) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Pengelasan siswa kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang dengan konstribusi sebesar 23,04 %, (3) terdapat hubungan secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Pengelasan dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar Mata Pelajaran Pengelasan siswa kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang dengan kontribusi secara bersama-sama sebesar 64,00%.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa faktor persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Pengelasan dan kebiasaan belajar siswa secara terpisah maupun secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Pengelasan siswa Kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gunung Talang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PELAJARAN PENGELASA, HASIL BELAJAR PENGELASAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25031 |