Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-Hari Bermuatan Keterampilan Literasi dalam Pendekatan Saintifik Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang

Nabillah, Meisyarah (2019) Pengaruh LKS IPA Terpadu Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-Hari Bermuatan Keterampilan Literasi dalam Pendekatan Saintifik Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Meisyarah_Nabillah_15033114_754_2019.pdf] Text
B1_05_Meisyarah_Nabillah_15033114_754_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abad 21 merupakan abad dimana kemajuan pengetahuan tentang teknologi
informasi dan komunikasi berkembang secara pesat. Perkembangan pengetahuan
siswa pada abad 21 membutuhkan keterampilan literasi. Pemerintah sudah
mendorong literasi siswa melalui program gerakan literasi sekolah. Disamping itu,
pemerintah juga sudah mencoba meningkatkan hasil belajar siswa melalui
pembelajaran IPA terpadu. Kondisi nyata menunjukkan bahwa keterpaduan materi
pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis
keterpaduan LKS diperoleh nilai 53.87. Solusi dari masalah ini adalah dengan
menerapkan LKS IPA terpadu yang berintegrasikan keterampilan literasi di
dalamnya dalam model pembelajaran IPA terpadu terjaring dan terhubung. Tujuan
dari penelitian adalah untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII
SMPN 25 Padang terhadap penggunaan LKS IPA terpadu tema gerak bermuatan
keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain
penelitian Randomized Control- Group Only Design. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dan cluster Random Sampling. Instrumen
untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa diperoleh dari lembar observasi
sikap untuk aspek sikap, lembar tes pengetahuan berupa post test untuk aspek
pengetahuan, dan lembar penilaian kinerja ilmiah untuk aspek keterampilan.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data
yaitu menggunakan konversi skor ke nilai, analisis statistik deskriptif, uji
normalitas dan homogenitas dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan
analisis data dapat dinyatakan bahwa penggunaan LKS IPA terpadu tema gerak
bermuatan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik pada hasil belajar
siswa kelas VIII memberikan Pengaruh yang berarti pada aspek pengetahuan,
aspek keterampilan dan aspek sikap siswa dikelas VIII SMPN 25 Padang dengan
taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa guru
IPA dan siswa dapat menggunakan LKS IPA terpadu tema gerak dalam kehidupan
sehari-hari bermuatan keterampilan literasi dalam pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:57
Last Modified: 22 Sep 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25021

Actions (login required)

View Item
View Item