Kontribusi Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 X Koto di Atas Kabupaten Solok

Aprilina, Harce (2011) Kontribusi Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 20 X Koto di Atas Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HARCE_APRILINA_08610_2011.pdf] Text
final_B1_HARCE_APRILINA_08610_2011.pdf

Download (225kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kesegaran jasmani
siswa sehingga menyebabkan hasil belajar Sekolah Dasar Negeri 20 X Koto Di
Atas Kabupaten Solok juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Kontribusi Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Negeri 20 X Koto Di Atas Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas IV kelas V SDN 20 X Koto Di atas Kabupaten Solok yang berjumlah
24 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jadi
sampel dalam penelitian ini adalah 24 orang, terdiri dari 16 orang putra dan 8
orang putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Kesegaran
Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi
product moment.
Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang berarti (signifikan)
antara kesegaran jasmani terhadap hasil belajar yaitu, rhitung = 0.55 sedangkan rtabel
= 0.52 dengan α= 0,05 berarti rhitung = (0.55) > rtabel = (0.52) sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak, jadi kesimpulannya terdapat hubungan yang berarti (signifikan)
antara kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa di SDN 20 X Koto Di atas
Kabupaten Solok. Besarnya sumbangan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar
adalah sebesar 30.25% dan 69.75% dipengaruhi oleh faktor lain seperti
kurikulum, sarana dan prasarana minat siswa dan motivasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:50
Last Modified: 22 Sep 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25009

Actions (login required)

View Item
View Item