Mulyadi, Mulyadi (2011) Hubungan Kelengkapan Fasilitas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Mesin Mata Diklat Membaca Gambar Teknik di SMKN 1 Sungai Rumbai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MULYADI-94157-2012.pdf [thumbnail of final_B1_MULYADI-94157-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MULYADI-94157-2012.pdf
Download (116kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakanPraktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMKN 1 Sungai Rumbai. Rendahnya hasilbelajar pada mata diklat Membaca Gambar Teknik siswa kelas XI Teknik GambarMesin SMKN 1 Sungai Rumbai tidak terlepas dari beberapa faktor yangmempengaruhinya. Kelengkapan fasilitas gambar akan sangat berhubungan sekalidengan hasil belajar siswa dan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar,fasilitas gambar yang lengkap akan mempelancar proses siswa dalam menggambarteknik dan akan berhubungan dengan hasil belajar siswa. Untuk melihat seberapa besarhubungan kelengkapan fasilitas gambar dengan hasil belajar maka penulis mengajukanhipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut : “Terdapat hubunganyang signifikan antara kelengkapan antara kelengkapan fasilitas gambar dengan hasilbelajar siswa kelas XI jurusan teknik gambar mesin pada mata diklat membaca gambarteknik SMKN 1 Sungai Rumbai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelengkapan fasilitasgambar siswa dengan hasil belajar menggambar teknik siswa XI Teknik Gambar MesinSMKN Sungai Rumbai. Kelengkapan fasilitas gambar dikategori tidak lengkap. Hasilbelajar membaca gambar teknik juga termasuk dalam kategori rendah.Dalam penelitian ini diperoleh nilai korelasi antara kelengkapan fasilitas gambardengan hasil belajar mata diklat membaca gambar teknik kelas XI Teknik GambarMesin SMK Negeri 1 Sungai Rumbai Tahun Ajaran 2010/2011 sebesar 43,56%terhadap hasil belajar gambar teknik setelah melakukan uji korelasi signifikansi padataraf 5%. Besarnya hubungan ini diuji dengan keberartian hubungan denganmenggunakan uji t. Hasil pengujian t diperoleh thitung (4,6) > ttabel (1,701). Dari hasilanalisis di atas dinyatakan bahwa jika tidak dilakukan pengontrolan terhadap faktor lain,maka kelengkapan fasilitas gambar berperan sebagai faktor penentu dalam hasil belajarmenggambar teknik siswa sebesar 43,56%, selebihnya sebanyak 56,44% lagidisebabkan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK GAMBAR MESIN, TEKNIK OTOMOTIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:49 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25005 |