Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Lismayetti, Lismayetti (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LISMAYETTI_95784_5313_2011.pdf] Text
final_B1_LISMAYETTI_95784_5313_2011.pdf

Download (162kB)

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Menengah Pertama bertujuan agar siswa memiliki kegemaran dan keterampilan membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan informasi dan pengamatan awal bahwa pembelajaran membaca pemahaman yang dilaksanakan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama terteliti belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, guru kurang menguasai model pembelajaran yang digunakan. Penggunaan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penggunaan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan, penyusunan rencana tindakan, (2) pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji/ praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas VIII SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 62,57 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 73,93. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:47
Last Modified: 22 Sep 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item
View Item