Lismarni, Lismarni (2011) Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Jari di TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LISMARNI_07810_2485_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LISMARNI_07810_2485_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LISMARNI_07810_2485_2011.pdf
Download (130kB)
Abstract
Kemampuan Anak Usia Dini dalam berbahasa khususnya berbicara masih rendah, tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak usia dini di kelompok B.4 TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Sebagai pelaksanaan penelitian ini adalah Lismarni dan Nila Fitri Dewi guru TK Karya Lubuk Alung kelompok B.4 sebagai observer, dengan subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B.4 TK Karya Lubuk Alung yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara profesional, guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan bahasa Anak Usia Dini, dari siklus I yang pada umumnya masih rendah terlihat belum semua anak aktif dalam mengikuti kegiatan, setelah dilakukan tindakan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan karena semua anak aktif dan antusias dalam melakukan kegiatan. Aspek keterampilan mendengarkan, pada siklus I nilai anak yang sangat tinggi 57% naik pada siklus II menjadi 91%. Aspek penguasaan kosa kata, pada siklus I nilai anak yang sangat tinggi 48% naik pada siklus II menjadi 83%. Aspek kemampuan untuk menceritakan kembali, pada siklus I nilai anak yang sangat tinggi 57% naik pada siklus II menjadi 74%. Nilai rata-rata pada siklus I dengan persentase 53,6% meningkat pada siklus II menjadi persentase 82,6%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan bahasa anak khususnya bercerita dengan menggunakan boneka jari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan boneka jari dalam bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Anak Usia Dini di TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BERBAHASA ANAK, METODE BERCERITA DENGAN BONEKA JARI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:09 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24997 |