Yuniarti, Lisa (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LISA_YUNIARTI_86448_4647_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LISA_YUNIARTI_86448_4647_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LISA_YUNIARTI_86448_4647_2011.pdf
Download (203kB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X.1 SMA Negeri 3 Bukittinggi melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis paragraf, sedangkan nontes digunakan untuk mengumpulkan data penerapan teknik terstruktur dalam pembelajaran menulis paragraf. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penerapan teknik think pair share dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka) dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X.1 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan rata-rata peningkatan 11,09%. Kedua, siswa kelas X.1 SMA Negeri 3 Bukittinggi cenderung menilai positif penerapan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTAS, KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24994 |