Putri, Dinda Lara (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terintegrasi Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X di SMA Negeri 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINDA_LARA_PUTRI_17033008_1222_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINDA_LARA_PUTRI_17033008_1222_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_DINDA_LARA_PUTRI_17033008_1222_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini berada pada 
era revolusi industri 4.0. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 ditandai dengan 
digunakannya kurikulum 2013, pada kurikulum 2013 adanya perubahan mulai dari 
cara belajar, pola berpikir serta dalam tata cara bertindak peserta didik dalam hal 
mengembangkan inovasi serta kreativitas di segala  bidang. Namun faktanya 
dilapangan model pembelajaran tuntutan kurikulum 2013 belum seutuhnya 
terlaksana serta hasil belajar peserta didik sebagian besar belum mencapai kriteria 
ketuntasan minimal. Maka, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan 
menggunakan model pembelajaran discovery terintegrasi learning start with a 
question  sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. 
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperiment dengan 
desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini 
adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 11 Padang yang terdaftar 
pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 
sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen 
Penelitian ini terdiri dari lembar penilaian sikap, posttest dan lembar penilaian 
unjuk kinerja.Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis 
deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi 
peserta didik yang terdiri atas kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. 
Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti 
penggunaan model pembelajaran discovery terintegrasi learning start with a 
question (LSQ) pada materi gerak parabola dan gerak melingkar di kelas X SMA 
Negeri 11 Padang. Hal ini didukung oleh hasil analisis data pada masing-masing 
kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dengan Uji kesamaan dua rata
rata didapatkan nilai thitung >ttabel , pada kompetensi sikap 3,05 > 2,00, pengetahuan 
3,78 > 2,00 dan pada kompetensi keterampilan 6,84 > 2,00.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:08 | 
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:08 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24989 | 
 
         