Pelaksanan Peran Wali Kelas Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 13 Padang

Ismaizar, Ismaizar (2008) Pelaksanan Peran Wali Kelas Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ISMAIZAR 80338-06-08.pdf] Text
final_B1_ISMAIZAR 80338-06-08.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas fenomena di lapangan, belum terlaksananya program Bimbingan dan Konseling secara optimal di sekolah, dan masih banyak ditemukan kendala, khususnya dalam hal kerjasama personil sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Pelaksanan Peran Wali Kelas dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Populasi penelitian adalah wali kelas SMP Negeri 13 Padang Sampel penelitian ditarik dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data digunakan angket, dan diolah dengan menggunakan analisis persentase. Temuan penelitian menunjukkan; 1) Peran wali kelas dalam membantu guru pembimbing melaksanakan tugas-tugasnya di kelas asuhannya ditemukan berkatagori baik. Hal ini terlihat pada peran wali kelas menjelaskan tata tertib dan peraturan sekolah pada siswa, wali kelas memberikan informasi perkembangan dan hasil belajar siswa kepada orang tua/wali, 2) Peran wali kelas dalam membantu guru mata pelajaran melaksanakan perannya dalam layanan BK khususnya di kelas asuhannya ditemukan berkatagori baik. Hal ini terlihat pada peran wali kelas memberikan informasi kepada siswa untuk patuh dan hormat kepada setiap guru, wali kelas selalu membimbing siswa agar serius dalam belajar dan tidak membeda-bedakan mata pelajaran, 3) Peran wali kelas dalam memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa khususnya di kelas asuhannya, untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling juga berkatagori baik. Hal ini di terlihat pada peran wali kelas memberikan kesempatan dan kemudahan pada guru pembimbing untuk memanggil siswa yang memerlukan layanan BK, wali kelas memberikan kesempatan kepada guru pembimbing untuk memberikan layanan secara klasikal pada siswa asuhannya, 4) Peran wali kelas untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus BK ditemukan berkatagori baik,. Hal ini terlihat pada peran wali kelas berusaha menghadiri pertemuan dengan orang tua siswa, guru pembimbing atau pimpinan sekolah dalam rangka penyelesaian masalah siswa, wali kelas selalu berusaha mengemukakan pendapat untuk menemukan pemecahan masalah siswa dalam pertemuan dengan orang tua, guru pembimbing dan pimpiman sekolah, dan 5) Peran wali kelas dalam mengalih tangankan siswa yang memerlukan BK kepada guru pembimbing ditemukan berkatagori cukup. Hal ini terlihat pada peran wali kelas memotifasi siswa untuk mengikuti bimbingan kelompok yang diadakan oleh guru pembimbing, wali kelas sering minta bantuan guru pembimbing memberikan informasi tentang cara belajar yang baik untuk meningkatkan motifasi belajar siswa. Wali kelas yang masih kurang baik perannya dalam layanan bimbingan dan konseling untuk lebih meningkatkan perannya dalam layanan BK di sekolah. Kepala sekolah hendaknya memberikan pelatihan kepada wali kelas tentang perannya dalam bimbingan konseling disekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanan Peran Wali Kelas, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:07
Last Modified: 22 Sep 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item
View Item