Hubungan Pengetahuan Tentang Paragraf dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang

Eriskanova, Frima (2011) Hubungan Pengetahuan Tentang Paragraf dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FRIMA_ERISKANOVA_76912_1541_2011.pdf] Text
final_B1_FRIMA_ERISKANOVA_76912_1541_2011.pdf

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama, kurangnya
pengetahuan siswa tentang paragraf. Kedua, kurangnya minat siswa dalam
menulis karena adanya anggapan bahwa menulis itu merupakan hal yang sulit.
Ketiga, rendahnya pengetahuan dan wawasan yang dimiliki siswa sehingga
mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasan dalam tulisan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan tentang
paragraf dengan keterampilan menulis eksposisi, dan menganalisis hubungan
pengetahuan siswa tentang paragraf dengan keterampilan menulis eksposisi siswa
kelas X SMA Adabiah Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
(1) hakikat menulis, (2) hakikat eksposisi, dan (3) hakikat paragraf.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Adabiah Padang tahun ajaran
2010/2011, yang berjumlah 200 orang sebagai sampel diambil 40 orang dengan
teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dua cara, yaitu tes objektif dan tes
unjuk kerja membuat tulisan eksposisi. Data diolah dengan menggunakan rumus
koefisien product moment, untuk menganalisis hubungan pengetahuan tentang
paragraf dengan keterampilan menulis eksposisi dan dilanjutkan dengan pengujian
hipotesis. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif
sebagai berikut. (1) memberi skor terhadap hasil tes pengetahuan tentang paragraf
dan hasil tes keterampilan menulis eksposisi siswa, (2) mengubah skor dari tes
pengetahuan tentang paragraf dan tes keterampilan menulis eksposisi siswa
menjadi nilai, (3) menentukan nilai rata-rata hitung dari pengetahuan paragraf dan
keterampilan menulis eksposisi siswa, (4) mengklasifikasikan nilai pengetahuan
paragraf dan keterampilan menulis eksposisi siswa dengan menggunakan skala
sepuluh, (5) membuat histogram pengetahuan tentang paragraf dan keterampilan
menulis eksposisi siswa secara keseluruhan, (6) pengujian hipotesis, (7)
menganalisis dan membahas data penelitian, dan (8) menyimpulkan hasil
pembahasan.
Dari hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, disimpulkan tiga
hal berikut. Pertama, pengetahuan tentang paragraf siswa kelas X SMA Adabiah
Padang berada pada kualifikasi cukup (56,5). Kedua, keterampilan menulis
eksposisi siswa kelas X SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi cukup
(62,37). Ketiga, terdapat korelasi positif yang signifikan antara pengetahuan
tentang paragraf dan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Adabiah
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:12
Last Modified: 22 Sep 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item
View Item