Pengaruh Teka-Teki Silang (TTS) dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2010/2011

Putri, Fraulin Dwi (2011) Pengaruh Teka-Teki Silang (TTS) dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FRAULIN DWI PUTRI-73054-2011.pdf] Text
final_B1_FRAULIN DWI PUTRI-73054-2011.pdf

Download (391kB)

Abstract

Dari kenyataan di sekolah, dalam proses pembelajaran siswa kurang termotivasi dan merasa bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, sehingga rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi. Banyak
upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran serta mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, antara lain dengan cara menggunakan TTS dalam model pembelajaran kooperatif tipe numbered
head together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekateki silang (TTS) dalam
pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT)
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester
II SMPN 1 Batusangkar tahun pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Batusangkar yang terdaftar pada tahun 2010/2011 sebanyak 8 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII 8 9 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized
control-group postest only design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar di akhir penelitian.Teknik analisis data uji t dengan kriteria t
> t tabel, maka hipotesis diterima dan sebaliknya.
Dari analisis data, didapatkan t hitung adalah 2,87 dan t
adalah 1,67 dengan demikian t hitung > ttabel
tabel . Hal ini berarti hipotesis diterima. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan teka-teki silang (TTS) dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) memberi pengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester II SMPN 1 Batusangkar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:11
Last Modified: 22 Sep 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item
View Item