Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAK Xaverius Padang

Situngkir, Maspero (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAK Xaverius Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MASPERO SITUNGKIR-84134-2011.pdf] Text
final_B1_MASPERO SITUNGKIR-84134-2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran fisika adalah
rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu usaha yang
dapat dilakukan adalah penerapan berbagai model pembelajaran. Pembelajaran
yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan Numbered
Heads Together (NHT) menggunakan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAK Xaverius
Padang.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAK Xaverius Padang
tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Purposive Random Sampling, sehingga diperoleh kelas
sampel yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol.
Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk
ranah kognitif dan afektif, sedangkan ranah afektif ditambahkan dalam grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-rata tes
akhir kelas eksperimen adalah 74,45 sedangkan kelas kontrol 65,94. Ranah afektif
pada kelas eksperimen rata-rata memenuhi kriteria baik sedangkan pada kelas
kontrol rata-rata memenuhi kriteria cukup. Hal ini terbukti melalui grafik
perkembangan sikap siswa setiap pertemuan. Oleh karena itu hipotesis penelitian
yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang berarti penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan LKS terhadap
hasil belajar fisika siswa SMAK Xaverius Padang” dapat diterima pada taraf nyata
0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan
LKS terhadap hasil belajar fisika siswa SMAK Xaverius Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:11
Last Modified: 22 Sep 2025 01:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24956

Actions (login required)

View Item
View Item