Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang dalam Menulis Kembali Legenda yang Diperdengarkan

Eliza, Hamita (2009) Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang dalam Menulis Kembali Legenda yang Diperdengarkan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAMITA ELIZA 90574-07-09.pdf] Text
final_B1_HAMITA ELIZA 90574-07-09.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Kemampuan Menulis Siswa Kelas VII SMP
Negeri 7 Padang dalam Menulis Kembali Legenda yang Diperdengarkan. Dipilihnya
keterampilan menulis sebagai kajian penelitian karena menulis merupakan keterampilan
berbahasa yang sangat esensial dan mendukung keterampilan berbahasa lainnya.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode
deskriptif bertujuan membuat gambaran, lukisan secara sistematis, faktul, dan akurat
mengenai data. Melalui metode ini peneliti dapat mengetahui secara spesifik kemampuan
subjek yang menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang yang
diambil berdasarkan jumlah siswa per kelas.
Data penelitian diperoleh melalui tes yang diberikan kepada siswa. Kemudian data yang
sudah terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1)
memeriksa hasil tes dan memberi skor 3 untuk pengungkapan yang benar dan skor 1
untuk pengungkapan yang salah, (2) mengolah skor menjadi nilai dengan menggunakan
rumus persentase, (3) mengelompokan kemampuan menulis siswa berdasarkan patokan
skala yang digunakan, (4) menganalisis dan membahas data, dan (5) menyimpulkan hasil
pembahasan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut.
Pertama, secara umum kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang dalam
Menulis Kembali Legenda yang Diperdengarkan berada pada kualifikasi baik dengan
nilai rta-rata 63,8 %. Kedua, berdasarkan deskripsi data, analisis data dan pembahasan
juga dapat disimpulkan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang dalam
Menulis Kembali Legenda yang Diperdengarkan per indikator yaitu: indikator alur
berada pada kualifikasi baik (77,8%), indikator latar berada dalam kualifikasi baik (76%),
dan untuk indikator penokohan berada pada kualifikasi baik (83,6%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 09:28
Last Modified: 19 Sep 2025 09:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item
View Item