Tassia, Fransisca (2008) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Praktek Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI IPA III di SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FRANSISCA_TASSIA_63726_05_09.pdf [thumbnail of final_B1_FRANSISCA_TASSIA_63726_05_09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FRANSISCA_TASSIA_63726_05_09.pdf
Download (82kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh ternyata hasil
belajar siswa rata-rata masih rendah dan sebagian kecil siswa yang sudah
tuntas belajarnya. Penggunaan metode demonstrasi yang bagaimanakah yang
dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK
kelas XI IPA III di SMAN 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk
menerapkan metode demonstrasi dan praktek yang dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Untuk
meningkatkan hasil belajar tersebut perlu dikembangkan suatu metode belajar
yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penelitian
tindakan kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di
SMAN 5 Padang kepada siswa kelas XI IPA-3 dengan jumlah siswa 38 orang,
menggunakan metode demonstrasi dan praktek dalam pembelajaran TIK.
Penelitian terdiri dari 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan lembaran evaluasi observasi sebagai
alat pengumpulan data. diperoleh dengan tes dan aktivitas belajar di dapat
dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif (dengan
menggunakan rumus persentase) dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas
belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siklus I 78.8%
dan pada siklus II 94.7%. Disamping itu juga terjadi peningkatan hasil belajar
siswa dari pada siklus I rata-rata siswa 6.92 meningkat menjadi rata-rata 7.18
dan pada siklus II. 7.82 dan terlihatnya peningkatan aktifitas siswa pada siklus
I dan siklus II dalam proses pembelajaran. Dengan demikian metode
demonstrasi dan praktek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas XI IPA-3 SMAN 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:26 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24947 |