Saputra, Frans Aditya (2011) Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Sekolah Dasar Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FRANS_ADITYA_SAPUTRA_68025__2696_2011.pdf [thumbnail of final_B1_FRANS_ADITYA_SAPUTRA_68025__2696_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FRANS_ADITYA_SAPUTRA_68025__2696_2011.pdf
Download (170kB)
Abstract
Gagasan yang memandang peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar
melalui Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), merupakan
fenomena yang relatif baru. Sehingga pemilihan kebijakan MPMBS dan
pelaksanaannya, perlu didukung oleh kelompok, organisasi, atau stakeholders
meliputi: Kelompok Kerja guru (KKG), Kelompok Kerja MPMBS, Komite
Sekolah, kelompok atau tim pelopor dan penggerak pelaksanaan MPMBS dan
lain-lain.Penelitian mengambil latar di Sekolah Dasar, karena mempunyai
keunikan, yakni keberhasilan dalam mengimplementasikan/pelaksanaan MPMBS
dan kemampuan manajemen sekolah yang tinggi yang didasarkan pada (1)
kemampuan kepala sekolah dalam melaksanankan manajemen (perencanaan,
pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan); (2) kemampuan guru
melaksanakan proses belajar mengajar dengan strategi pembelajaran yang sesuai;
(3) Tingkat keterlibatan atau partisipasi orang tua, masyarakat, dan pemerintah
terkait (Stakeholders).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode penyajian secara deskriptif. Hal tersebut dilakukan karena penulis
berusaha untuk membuat deskripsi tentang pelaksanaan Manajemen Peningkatan
Mutu Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Kecamatan Lima Kaum. Informan
dalam penelitian ini dipilih berdasarkan purposive sampling. Jenis data yang
terdapat dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dan hasil
observasi di lapangan dengan menggunakan alat perekam suara, pedoman dan
catatan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan
data, reduksi data, klasifikasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/
verifikasi.
Dari hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan MPMBS di Sekolah
Dasar di tentukan oleh faktor–faktor berikut : (1) Kesiapan Sumber Daya meliputi
Sumber Daya manusia, sarana, dan prasarana; (2) Proses pelaksanaan MPMBS
meliput : kelembagaan MPMBS, pemahaman pelaksana aktor/stakeholders,
sosialisasi, pelaksanaanMPMBS tersebut, keterlibatan atau partisipasi masyarakat
sebagai stakeholders penting dalam pelaksanaan MPMBS. Hal-hal diatas akan
dapat diwujudkan apabila ; (1) Diberikan otonomi (kemandirian) yang lebih luas
kepada pihak Sekolah ; (2) Kemampuan Kepala sekolah dalam mengelola sekolah
yang ia pimpin dan mendayagunakan potensi yang ada disekolah dan
lingkungannya ; (3) Ketersediaan biaya yang memadai pada setiap sekolah ; (4)
Adanya dukungan dari semua kelompok/organisasi/Stakeholders
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:18 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24945 |