Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan Menggunakan Metode Objek Langsung dan Media Gambar

Sari, Refi Mulia (2010) Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan Menggunakan Metode Objek Langsung dan Media Gambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REFI_MULIA_SARI_67208_1833_2011.pdf] Text
final_B1_REFI_MULIA_SARI_67208_1833_2011.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan media gambar, dan (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung dan media gambar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau quasi eksperimen research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 118 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 59 orang, diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu nilai kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji lilliefors untuk uji normalitas, homogenitas data, dan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung dan media gambar. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung, berada pada kualifikasi baik (b) dengan rata-rata 85,55, (2) kemampuan menulis puisi kelas kontrol dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh, berada pada kualifikasi hampir cukup (hp) dengan rata-rata 55,55, (3) t hitung Perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung dan media gambar 23,82 dan t demikian dapat dikatakan bahwa H 1 tabel 1,67 yaitu t hitung > t diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode objek langsung dan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh. Kemampuan menulis puisi kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh dengan menggunakan metode objek langsung lebih baik dari pada kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar kelas VIII SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis puisi,SMP Negeri 9 Payakumbuh
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 09:18
Last Modified: 19 Sep 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24944

Actions (login required)

View Item
View Item