Syahputra, Frandrio (2009) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa di SMA N 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FRANDRIO_SYAHPUTRA_63742_05_09.pdf [thumbnail of final_B1_FRANDRIO_SYAHPUTRA_63742_05_09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FRANDRIO_SYAHPUTRA_63742_05_09.pdf
Download (168kB)
Abstract
Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga
pendidiknya maupun peserta didiknya tidak didukung oleh sumber belajar yang
diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Salah satu sumber
belajar yang amat penting meskipun bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Namun
kenyataan yang ditemui di lapangan pada umumnya siswa sangat malas untuk
mengunjungi perpustakaan, layanan yang diberikan oleh pustakawan baik dalam
layanan peminjaman ataupun pengembalian dirasakan kurang memuaskan bagi siswa,
hal ini juga merupakan salah satu penyebab siswa malas mengunjungi perpustakaan.
Berdasarkan kenyataan tersebut peneliti ingin mengungkap dan mengetahui
bagaimana pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa di
SMA N 1 Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan hasil penelitian secara apa adannya.
Populasi dalam penelitaian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah
384 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling,
sehingga diperoleh sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu dokumentasi, penyebaran angket dan observasi. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah panduan dokumentasi, daftar pertanyaan (angket) dan
panduan observasi. Teknik pengolahan data yaitu menggunakan teknik statistik
sederhana dengan menggunakan rumus persentase.
Temuan penelitian menunjukkan, masih kurangnya koleksi bahan-bahan
perpustakaan karena koleksi yang ada belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan
siswa, katalogpun belum tersedia sehingga siswa kesulitan dalam mencari buku yang
diinginkan. Tata tertib sudah dijalani dengan baik oleh para pengunjung
perpustakaan. Pada tahap pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara
umum siswa telah banyak memanfaatakan perpustakaan atas kesadaran siswa itu
sendiri, siswa juga telah banyak memanfaatkan perpustakaan dalam proses
pembelajaran. Untuk itu dapat disarankan perlunya penambahan koleksi perpustakaan
dan melakukan pembuatan katalog.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24937 |