Hamdani, Hamdani (2011) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Teknik Elektro dengan Hasil Belajar Sistem Pengendali Siswa Kelas XI di SMKN 5 Padang Tahun Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAMDANI-74070-2012.pdf [thumbnail of final_B1_HAMDANI-74070-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAMDANI-74070-2012.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya hubungan
persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK Teknik Elektro
dengan hasil belajar sistem pengendali siswa kelas XI di SMKN 5 Padang tahun
ajaran 2010/2011 yang mencakup dalam 6 indikator penelitian antara lain: 1.
Kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran, 2. Pengelolaan Pembelajaran, 3.
Pengelolaan Kelas, 4. Penggunaan media atau sumber belajar, 5. Pengelolaan
interaksi pembelajaran dan 6. Menilai prestasi belajar siswa.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bersifat
korelasional. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI Teknik Listrik di SMKN
5 Padang tahun ajaran 2010/2011 dengan teknik pengambilan sampel
proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40
siswa. Variabel dalam penelitian ada dua; persepsi tentang kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK Teknik Elektro merupakan variabel bebas (X) dan hasil belajar
sistem pengendali siswa kelas XI Teknik Listrik di SMKN 5 Padang yang
merupakan variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian
adalah angket (kuesioner) mengenai persepsi siswa tentang kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK Teknik Elektro. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus
Korelasi Pearson Product moment.
Hasil analisis korelasi antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar
mahasiswa PPLK Teknik Elektro dengan hasil belajar sistem pengendali siswa
kelas XI Teknik Listrik di SMKN 5 Padang tahun ajaran 2010/2011 diperoleh
nilai rxy sebesar 0,548 dan nilai t hitung > t tabel (4,031 > 1,684), maka Ho ditolak,
artinya terdapat hubungan yang signifikan dengan interpretasi koefisien korelasi
rxy= 0,548 pada tingkat hubungan cukup kuat antara persepsi siswa tentang
kemampuan mengajar mahasiswa PPLK Teknik Elektro dengan hasil belajar
sistem pengendali siswa kelas XI SMKN 5 Padang tahun ajaran 2010/2011.
Keterbatasan penelitian adalah tidak mencakup 10 dari kemampuan mengajar dan
meneliti seorang mahasiswa PPLK Teknik Elektro saja. Untuk penelitian
selanjutnya agar dapat meneliti 10 kemampuan mengajar pada beberapa
mahasiswa PPLK Teknik Elektro di lain sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24936 |