Fivaldi, Fivaldi (2010) Pengaruh Implementasi E-Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Teknik II di Jurusan Teknik Elektro FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FIVALDI-48980-2012.pdf [thumbnail of final_B1_FIVALDI-48980-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FIVALDI-48980-2012.pdf
Download (171kB)
Abstract
Seiring perkembangan teknologi informasi di bidang instruksional di
Univerversitas Negeri Padang, masih banyak ditemukannya fasilitas pendidikan
tak terdayagunakan, selain itu penggunaan penggunaan media pembelajaran
konvensional juga memungkinkan menjadi penyebab rendahnya hasil belajar
Fisika Teknik II mahasiswa Jurusan Teknik Elektro. Untuk mengetahui
kemungkinan tersebut maka perlu dilakukan penelitian eksperimen pembelajaran
dengan metode CAI(Computer Assisted Instruction) yaitu dengan menggunakan
emedia CD Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
implementasi e-media CD interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata
kuliah Fisika Teknik II di Jurusan Teknik Elektro FT UNP.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain
pretes-posttes group control. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program
studi Pendidikan Teknik Elektro kelas reguler yang terdiri atas dua grup(L1 dan
L2) masing-masing berjumlah 15 Orang. Secara acak, dipilih satu kelas untuk
kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan
dengan instrumen berupa soal dan angket, angket terdiri dari 25 item pernyataan
digunakan untuk mengukur tanggapan mahasiswa terhadap media sementara
untuk pengumpulan data pretes dan postes adalah soal masing-masing sebanyak
10 soal.
Pengujian hipotesis didasarkan pada tiga kriteria pengujian yaitu: (a)
peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen, diuji dengan uji normalize
gain score, (b) perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol,
diuji dengan uji beda rata-rata, dan (c) tanggapan mahasiswa terhadap
implementasi emedia. Dari ketiga kriteria tersebut didapatkan data sebagai
berikut: (a) peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sedang
(NG=0,323), (b) hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar
mahasiswa kelas kontrol, t hitung > t tabel(1,806>1,701), dan (c) tanggapan
mahasiswa terhadap implementasi emedia adalah baik(66,66%). Dari hasil
analisis ini diinterpretasikan penggunaan media ini dapat digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar dengan kata lain implementasi emedia berpengaruh
positif terhadap hasil belajar Fisika Teknik II mahasiswa Jurusan Teknik Elektro.
Saran dari penelitian ini yaitu ditujukan kepada tenaga pengajar, CD Interaktif
dapat dijadikan alternatif media pembelajaran, Untuk penelitian seperti ini
selanjutnya harus mempertimbangkan efesiensi waktu penelitian untuk
mendapatkan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:16 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24931 |