Muldianis, Muldianis (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata dengan Menggunakan Teknik Fernald bagi Anak Tunarungu (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D.1 di SDLB Tarantang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Muldianis_58455-2012.pdf [thumbnail of final_B1_Muldianis_58455-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Muldianis_58455-2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum bisanya anak anak tunarungudalam membaca kata. Hal ini dilihat dari tidak jelasnya kata-kata yang diucapkananak. Bila dilihat keadaan anak: ia tergolong tunarungu ringan (masih ada sisapendengaran), alat ucapnya (lidah, bibir dan langit-langit) tidak mengalamimasalah. Namun dalam kesehariannya anak masih banyak menggunakan bahasaisyarat dan yang diucapkannya tidak jelas. Hal ini disebabkan teknik yangdigunakan belum mampu meningkatkan kemampuan membaca anak tunarungu.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dalammeningkatkan kemampuan membaca kata dan 2) Membuktikan apakah teknikpembelajaran Fernald dapat meningkatkan kemampuan membaca kata anaktunarungu ringan kelas D.1 SDLB Tarantang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalambentuk kolaborasi dengan teman sejawat pada dua orang subjek penelitian yaituanak tunarungu kelas D.I. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan tes melaluipengucapan kata oleh anak. Data diolah secara kualitatf (uraian kata-kata) dankuantitatif (dari nilai kemampuan membaca).Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakanteknik Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tunarungu dilatihdengan mempergunakan teknik Fernald yakni indera penglihatan, pendengaran,perabaan dan gerak. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kegiawan awal,inti dan penutup. Sebelum tindakan nilai kemampuan membaca anak masihrendah yakni AL (20) dan TS (10). Siklus I meningkat, AL memperoleh (65) danTS (50). Sedangkan siklus II bertambah meningkat yakni AL memperoleh nilai(90) dan TS (80). Hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa teknik Fernalddapat meningkatkan kemampuan membaca anak tunarungu ringan. Dengandemikian, dapat disarankan sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapatmenggunakan teknik Fernald dalam pembelajaran membaca lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA KATA, ANAK TUNARUNGU, KEMAMPUAN MEMBACA |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24919 |